Home
Kebersamaan dalam Makan Lontong Cap Go Meh PDF Print E-mail
Written by triana   
Friday, 17 February 2017 18:38

SEMARANG, suaramerdeka.com - Ratusan siswa Sekolah Kuncup Melati Semarang mengikuti makan bersama lontong dalam rangka Cap Go Meh di rumah abu Kong Tik Soe Jalan Gang Lombok Semarang, Sabtu (11/2). Sebelum memulai makan lontong bersama, pengurus Yayasan Khong Kauw Hwee dan Sekolah Kuncup Melati mengawali dengan berdoa kepada dewa dan leluhur.

Cap Go Meh merupakan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa. Biasanya Cap Go Meh dirayakan dengan jamuan besar dan berbagai kegiatan salah satunya dengan menyantap lontong. Rupanya lontong Cap Go Meh merupakan makanan perpaduan dari Indonesia dan Tiongkok yang sudah turun temurun dilaksanakan. Ada filosofi dari lontong Cap Go Meh yang berisi opor ayam, sayur lodeh, sambal goreng, telur, abing dan bubuk kedelai.

Ketua Yayasan Khong Kauw Hwee, Wong Aman Gautama mengatakan dengan makan lontong Cap Gomeh merupakan pembauran dari nenek moyang dan meneruskan tradisi yang bertujuan untuk kebersamaan dan mempererat persaudaraan. “Dengan selesainya Tahun Baru Imlek masyarakat keturunan Tiongoa bisa bekerja lebih giat lagi dan berharap semuanya bisa lebih baik lagi dan maju di tahun depan,” katanya.

Sutarso Pembimbing Masyarakat Budha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah menyambut baik dilaksanakan kegiatan makan bersama lontong dalam rangka Cap Go Meh. Sebelum makan bersama terlebih dahulu dilaksanakan upacara keagamaan dengan penghormatan kepada para leluhur. Doa tersebut bertujuan untuk bangsa Indonesia terbebas dari mala petaka dan umat-umatnya memilikipanjang usia, paras bagus dan mendapat kekuatan dan kebahagiaan. “Empat hal itu merupakan harapan dari perayaan Cap Go meh ini,” pungkasnya.

Selain itu siswa Sekolah Kuncup Melati juga dihibur dengan atraksi barongsai cilik yang merupakan siswa yang mengikuti ekstrakulikuler seni Barongsai. (Cun Cahya/CN38/SM Network)

Last Updated on Friday, 17 February 2017 18:58
 


Copyright @ 2010 KhongKauwHwee. Allright Reserved. WebMaster